Dibaca : 311 Kali

Jangan Sampai Terlambat! Ini Cara Mencegah Penuaan Dini dengan Tepat

News
04 Nov

Penuaan dini merupakan masalah serius yang sering dialami kebanyakan orang di Indonesia. Biasanya, tanda penuaan dini ini baru akan muncul di usia 40an, namun nyatanya banyak juga orang di usia 20an sudah mulai mengalami tanda-tanda penuaan dini.

Biasanya, penuaan dini ini sering terjadi karena paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari secara berlebih. Sinar UV inilah yang merusak salah satu jaringan kulit yang bernama elastin yang menyebabkan kulit lebih mudah mengendur dan meregang. Akibatnya, kulit menjadi lebih mudah keriput, terluka dan lebam, serta membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Lalu bagaimana cara mencegah penuaan dini?

Gunakan sabun pembersih wajah yang lembut

Salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah adalah dengan mencuci muka dengan sabun pembersih wajah yang lembut.  Pastikan juga kamu mengusap wajah dengan gerakan memutar secara perlahan. American Academy of Dermatologymenyarankan agar tidak terlalu keras menggosok wajah karena berisiko mempercepat penuaan kulit wajah. 

Kamu bisa menggunakan Lanore Moisturizer Cleansing Gel dengan Extra Beads Vitamin E sebagai pembersih wajah yang lembut dan efektif mengangkat kotoran yang terdapat pada kulit. Dengan Lanore Moisturizer Cleansing Gel ini, kulit juga bisa lebih lembap hingga membantu mengencangkan dan memberikan efek lembut pada kulit. Vitami E dan ekstrak lemonnya juga membantu mencerahkan kulit.

Lindungi kulit dari paparan sinar matahari

Kamu juga bisa mencegah penuaan dini dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih, terutama saat Anda melakukan aktivitas di luar rumah.  Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan sunscreen atau tabir surya dengan broad spectrumdan SPF 30 pada area kulit wajah dan kulit yang tidak tertutup pakaian.

Lakukan eksfoliasi secara rutin

Setiap 28 hari sekali, kulit akan meluruhkan sel-sel kulit mati dengan sendirinya. Namun, proses ini akan semakin lambat seiring bertambahnya usia sehingga membuat kulit menjadi terlihat kusam dan lebih tua.

Untuk menghilangkan sel mati yang menumpuk dan membuat kulit menjadi lebih cerah, cobalah untuk melakukan eksfoliasi secara rutin seminggu sekali. Kamu bisa menggunakan Lanore Intimate Scrub untuk melakukan eksfoliasi rutin, Lanore Intimate Scrub dapat membantu mencerahkan dan memudarkan area gelap di bagian tubuh yang terlindungi seperti ketiak, selangkangan, dan lutut. Selain itu, kandungan aloe vera dan jojoba oil didalamnya juga membantu mempercepat proses pengelupasan kulit mati, serta melembapkan dan melembutkan bagian tubuh yang terlindungi. 

Hindari ekspresi wajah berulang

Untuk mencegah penuaan dini, kamu juga bisa mencoba untuk menghindari ekspresi wajah terlalu sering agar terhindar dari kontraksi wajah yang menyebabkan penuaan dini. Solusinya, kamu bisa menggunakan kacamata hitam untuk membantu mengurangi garis-garis halus yang disebabkan oleh menyipitkan mata.

Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi

Cara mencegah penuaan dini secara alami dari dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Kedua jenis makanan ini dapat mencegah kerusakan kulit serta memperlambat kemunculan tanda penuaan. Kamu juga bisa mengonsumsi makanan khusus yang membantu mencegah penuaan dini pada wajah, seperti ikan berlemak, cokelat hitam, kaldu tulang, dan oats.

Hindari minum alkohol

Alkohol juga bisa berdampak buruk pada kulit karena mampu menyebabkan kulit dehidrasi dan rusak. Jika selalu mengonsumsi alkohol, maka lambat laun dapat menyebabkan kamu terlihat lebih tua.  Oleh karena itu, pastikan kamu menghindari konsumsi alkohol sebagai cara mencegah penuaan dini secara alami.

Minum air putih

Kurangnya asupan cairan tubuh juga bisa menyebabkan kondisi dehidrasi. Jika kondisi ini terjadi, maka kulit akan terasa kering, kasar, bahkan bersisik ketika digaruk. Sehingga, tanda penuaan dini bisa terlihat lebih jelas.

Oleh karena itu, mengonsumsi air putih yang cukup bisa menjadi langkah yang tepat sebagai cara mencegah penuaan dini. Umumnya, para ahli kesehatan menyarankan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau setara dengan 2 liter per hari agar terhindar dari dehidrasi sekaligus sebagai cara alami mencegah penuaan dini.

Rutin berolahraga

Olahraga rutin juga bisa menjadi salah satu cara yang  bisa kamu lakukan untuk mencegah penuaan dini. Di mana, dengan olahraga maka sirkulasi darah dapat meningkat dan memperkuat sistem imun tubuh. Sehingga, kulit pun bisa terlihat lebih awet muda. 

Itulah beberapa cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Selain itu, pastikan juga kamu selalu menggunakan rangkaian produk skincare dari Lanore. Di mana, Lanore didesain khusus untuk membantu kamu mengatasi masalah anti aging pada kulit.